Aplikasi Sel Volta
Banyak peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan proses dari reaksi kimia. Salah satunya adalah adalah reaksi kimia yang bisa menimbulkan energi listrik yang bisa memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan, misalnya dalam industri pembuatan baterai, aki, dan lain-lain yang bisa mengantarkan arus listrik, serta hubungan elektrolisis terhadap kehidupan sehari-hari dan industri. Reaksi kimia yang bisa menghantarkan listrik berhubungan sekali dengan sel elektrokimia, karena dalam sel elektrokimia terjadi reaksi antar ion anode dan ion katode yang bisa menghantarkan arus listrik. Dalam sel elektrokimia dibagi menjadi dua yaitu, sel volta dan sel elektrolisis. Sel volta merupakan hasil dari reksi redoks spontan di ubah menjadi energi listrik. Sedangkan sel elektrolisis energi listrik digunakan untuk melangsungkan reaksi kimia tak spontan.

1.              Penerapan Sel Volta Pada Aki
Aki atau accumulator merupakan sel volta yang tersusun atas elektroda Pb dan PbO, dalam larutan asam sulfat yang berfungsi sebagai elektrolit. Pada aki, sel disusun dalam beberapa pasang dan setiap pasang menghasilkan  2 Volt. Aki umumnya kita temui memiliki potensial sebesar 6 Volt (kecil) sebagai sumber arus sepeda motor dan 12 V (besar) untuk mobil. Aki merupakan sel yang dapat diisi kembali, sehingga aki dapat dipergunakan secara terus menerus. Sehingga ada dua mekanisme reaksi yang terjadi. Reaksi penggunaan aki merupakan sel volta, dan reaksi pengisian menggunakan arus listrik dari luar seperti peristiwa elektrolisa. Mekanisme  reaksi ditampilkan pada Bagan reaksi. Reaksi penggunaan dan pengisian aki.

2.      Penerapan Sel Volta Pada Baterai
Baterai atau sel kering merupakan salah satu sel volta, yaitu sel yang menghasilkan arus listrik, berbeda dengan aki, baterai tidak dapat diisi kembali. Sehingga baterai juga disebut dengan sel primer dan aki dikenal dengan sel sekunder. Baterai disusun oleh Seng sebagai anoda, dan grafit dalam elektrolit MnO2, NH4Cl dan air  bertindak sebagai katoda.
Reaksi yang terjadi pada sel kering adalah :
Sel bahan bakar merupakan bagian dari sel volta yang mirip dengan aki atau baterai, dimana bahan bakarnya diisi secara terus menerus, sehingga dapat dipergunakan secara terus menerus juga. Bahan baku dari sel bahan bakar adalah gas hidrogen dan oksigen, sel ini digunakan dalam pesawat ruang angkasa.

3.              Baterai Nikel-Kadmium
Baterai Nikel-Kadmium merupakan baterai kering yang dapat di isi ulang.
Reaksi sel yang terjadi sebagai berikut:
Anode                 : Cd + 2OH                        → Cd(OH)2 + 2e
Katode                 : NiO2 + 2H2 O + 2e        → Ni(OH)2 + Ni(OH)2 + Cd + NiO2 + 2H2O
  Cd(OH)2                                          → Ni(OH)2
Hasil-hasil reaksi pada baterai nikel-kadmium merupakan zat padat yang melekat pada kedua elektrodenya. Pengisian dilakukan dengan membalik arah aliran electron pada kedua electrode.

4.      Baterai
Perak Oksida Susunan baterai perak oksida yaitu Zn (sebagai anode),  Ag2O (sebagai katode), dan pasta KOH sebagai elektrolit. Reaksinya sebagai berikut:
Anode                  : Zn + 2OH-                        → Zn(OH)2 + 2e
Katode                 : Ag2O + H2O + 2e        → 2Ag + 2OH-
Baterai perak oksida  memiliki potensial sel sebesar 1,5 volt dan bertahan dalam waktu yang lama. Kegunaan baterai jenis ini adalah untuk arloji, kalkulator dan berbagai jenis peralatan elektrolit lainnya.

5.              Sel Bahan Bakar 
Sel bahan bakar merupakan sel yang menggunakan bahan bakar campuran hydrogen dengan oksigen atau campuran gas alam dengan oksigen. Bahan bakar (pereaksi) dialirkan terus menerus. Gas oksigen dialirkan ke katode melalui suatu bahan berpori yang  mengkatalis reaksi dan gas hydrogen dialirkan ke anode.
Anode                  : 2H2 + 4OH                      → 4H2O + 4 e
Katode                 : O2 + 2H2O + 4e             → 4OH- +2H2
  O2                                         → 2H2O
Sel seperti ini biasa di gunakan untuk sumber listrik pada pesawat luar angkasa.



Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

3 komentar:

  1. thanks yaa atas bantuannya,... aku jadi dpat tmbhan buat pmblajaran elemn volta terutama batery

    BalasHapus